Menyembuhkan Jerawat Berujung ke PCOS (Sindrom Hormon Wanita & Kesuburan)

Januari 08, 2018

Prolog
Jerawat mulu, jerawat mulu. Kenapa ya masalah wanita yang bikin kepercayaan diri turun itu faktor utamanya dari jerawat. Haha! Iya lah, stereotip warga global kan sudah menjurus ke tipe-tipe tertentu untuk judge bahwa wanita itu cantik atau engga. Jelas sebagai wanita biasa, selalu insekyur ya kalo jerawat sekarang jadi bahan penentu kecantikan minimal seseorang. Akibatnya, jerawat dikit aja bisa bikin pusing tujuh keliling. Hehe... Bagi temen-temen yang jerawatnya masih sekedar jerawat batu kecil-kecil, kalian masih beruntung gais. Sebenernya aku juga masih beruntung, but mungkin dengan tulisan ini bisa bikin kalian yang jerawatnya ngga seberapa bisa menambah syukur dalam hati kalian. Baca ulasan di bawah ya. Cheers.


Jerawat Kambuh
Jerawat aku kambuh lagi - kambuh lagi. Kambuhnya sih udah parah banget. Kalo kalian pernah liat bisul, NAH! jerawat aku lebih ke arah bisul yang lagi-lagi bisa bikin kulit makin iritasi. Bisul ini isinya nanah bercampur air yang bener-bener gatel dan hampir merata di seluruh bagian wajah lagi. Akibat jerawat yang segede bisul ini, pori-pori kulit bekas jerawat hilang jadi makin besar dan mengeluarkan minyak berlebih. Jerawat aku kambuh setelah perawatan ke Dokter Widodo di RS Panti Rapih Sardjito kira-kira tahun 2015 akhir sampe 2016 awal. Sempet ngga pernah ada jerawat bisul bernanah, kemudian kambuh lagi. Buat yang pengen tahu rincian pengobatan jerawatku periode pertama bisa klik di sini. Berhubung pengobatan di RS Panti Rapih menurutku udah paling pol sekali, akhirnya aku pindah ke dokter spesialis kulit dan kelamin di RS. Sardjito.
Jerawat kambuh luar biasa


Ke Klinik Kecantikan RS. Sardjito
RS Sardjito selain punya poliklinik yang menangani permasalahan kulit, juga menyediakan poli khusus permasalahan kulit untuk tujuan kecantikan namanya Poli Estetik. Poli ini menangani permasalahan kulit wajah mulai dari yang simple, kompleks, bahkan dilengkapi dengan tindakan yang membutuhkan alat dan perlengkapan mulai dari peeling sampe laser gais.

Nah, untuk yang kesekian kali aku ke poli ini buat berobat. Kayak penanganan sebelumnya di RS Panti Rapih, aku diobservasi mulai dari segi makan, jenis pekerjaan yang mempengaruhi tingkat stress, kebiasaan berkendara. Dokter bingung banget waktu itu karena tingkat stress ku dengan pekerjaan yang bisa dibilang sepele yaitu admin ga mungkin bisa bikin jerawatku kambuh separate itu. Akhirnya lagi-lagi dokter ngasih resep obat antibiotik dan krim racikan sendiri untuk menyembuhkan jerawat disertai dengan tindakan peeling. Obatnya kayak biasa clyndamicin untuk diminum sama krim yang ada kandungan clyndamicinnya juga. Fungsinya zat aktif itu buat mematikan bakteri penyebab jerawat yang ada di dalem tubuh gais. But, sayangnya aku ga bisa minum antibiotik itu. Berhubung punya maag, dengan minum antibiotik itu malah memperparah maag jadi aku stop pengkonsumsiannya. Kalo tindakan peeling dilakukan supaya mempercepat jerawat matang dan mengelupas dengan sendirinya. Kalo di Sardjito, kita justru ga diperkenankan untuk facial karena facial itu makin memperparah jerawat yang sedang meradang gais. Harapan dokter dengan di-peeling pun biar ke depan jerawat ga muncul lagi sesuai teori dan penelitian yang dilakukan dokter bertahun-tahun gais. Tuh kece kan kalo ke dokter spesialis yang terus menerus meneliti itu bikin kemampuan menghadapi masalah yang kompleks makin meningkat gais.

Periode selanjutnya aku kontrol lagi. But do you know that jerawat aku juga masih numbuh. Kzl. Lha masa dokternya ga pinter Bon buat nanganin jerawat kamu. Dokter pun juga bingung. Meski kontrol kali ini pindah dokter, dilihat dari riwayat medisku yang cukup lama di RS Sardjito, lalu dari hasil sharing dimana aku pernah cukup lama perawatan ke RS Panti Rapih Dokter Widodo pasca alergi masker Himalaya, seharusnya jerawat model begini udah teratasi gais. Desperate kah Bon? Hooh jeeee piye ra desperate wis ngentekke duit karo wektu akeh je (iya lah.gimana ga desperate soalnya udah ngabisin duit sama waktu yang cukup banyak).

Di kontrol sebelumnya sebenernya dokter udah mulai desperate gais. Penggunaan antibiotik kan emang ga boleh terus menerus karena dikhawatirkan bakteri manapun bakal kebal dengan sistem pertahanan yang dibikin sama antibiotik ini. Nah, dokter sebelumnya udah ngasih warning kalo antibiotik itu adalah antibiotik terakhir. Kalo memang masih kambuh, alternatif terakhir adalah pake zat vitamin A yang harus diminum minim 6 bulan berturut-turut. Alternatif lain, bisa pake obat pengendali hormon gais. Tapi, pengendali hormon ini punya efek samping menimbulkan kanker payudara jika  pasien memiliki kecenderungan mengidap itu sehingga harus dalam pengawasan dokter banget. Cuman waktu itu emang aku ga mau ambil resiko. Usaha semampunya aja lah. Sedih ya buat ngobatin jerawat bisa sampe terapi obat begitu. 

Nah, balik lagi ke kontrol kedua. Kalo sama dokter ini ternyata aku ga harus dikasih terapi vitamin A maupun pengendali hormon. Observasi dimulai dari nanya siklus haid, sakit ngga kalo pas dismenore alias mules haid tiba yang saat itu tiap sebulan sekali aku pasti ijin sehari di hari pertama haid buat ga masuk kerja, pekerjaan aku bikin stress banget ato ngga, kondisi rambut bagian depan atas dahi banyak yang rontok, kondisi bulu di tangan dan kaki sampe diminta buka lengan baju buat ngecek kondisi bulu aku yang menurut mereka banyak. Then hello menurut dokter permasalahan aku bukan di jerawat kulit but more than that. Dokter kulit cewek aku lupa namanya itu suggest me to go to dokter kandungan untuk ngecek secara keseluruhan gejala sindrom ovari.

Iki opo meneh ya Allah (ini apa lagi ya Allah). Sindrom ovari lebih dikenal dengan PCOs (Polycystic Ovary Syndrome). Sindrom ini terjadi pada sistem hormonal wanita yang tidak normal sebagai mestinya. Jadi keinget pelajaran Biologi dikit-dikit kalo hormon penyusunan organ sekunder, ciri-ciri sekunder pada wanita itu kompleks banget. Singkatnya menurut dokter kulit, kecenderungan kulit wajahku mengeluarkan minyak dan pori-pori besar berlebih dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon itu. Berhubung permasalahan hormon bukan bidang yang digeluti oleh dokter kulit, mereka bikin surat rujukan untuk periksa di dokter kandungan. Lebih dari sekedar permasalahan jerawat, dokter pengen aku buat ngecek keseluruhan sindrom hormon ini karena ada kaitannya dengan reproduksi. Alasannya, jika memang ada yang perlu ditangani, bisa ditangani jauh hari sebelum menikah dengan alesan perubahan hormonal setekah menikah akan terjadi lagi tapi kurang memungkinkan untuk diobati.


Ke Dokter Kandungan
Oke. hhmmm ya emang harus dicoba dulu buat ke dokter kandungan karena mungkin permasalahannya lebih ke kesehatan organ dalam, ga sekedar kecantikan lagi. Padahal aku ga pengen cantik gais, cuman pengen bersih, ga perih-perih kulit ini kalo berjerawat, serius lho kalo jerawat gede-gede ini kambuh bahkan rasanya bisa ngilu, bener-bener ngilu kadang kalo di jidat bisa bikin pusing juga karena saking meradangnya. Balik lagi ke dokter kandungan. Berhubung surat rujukannya minta dicek termasuk ke gejala fisik PCOS ato ngga, dokter observasi tubuh aku dengan pertanyaan yang sama dengan dokter Sardjito. Bulu banyak di tangan dan kaki, OK. Rambut bagian depan mulai menipis, OK. Siklus haid kacau bisa 2-3 bulan sekali, OK. Kalo pas haid, aku total ga berani masuk saking sakitnya dan tekanan darah langsung terjun bebas, OK. Kulit wajah berminyak berlebihan bahkan melebihi laki-laki, OK. Analisisnya dari ciri-ciri fisik ini, aku kelebihan hormon androgen yang seharusnya ini menimbulkan ciri-ciri tubuh menyerupai laki-laki. Idealnya minyak dan pori-pori untuk ukuran wanita ga segede ini. Bulu di tangan dan kaki ga sebanyak ini, padahal menurutku biasa aja. Apalagi rambut depan mulai rontok which is ciri-ciri bapak bapak sekali. 

Berhubung hormon androgen lebih, cara mudah untuk mengontrolnya adalah dengan konsumsi pil KB. Drama apa lagi ini ya Allah. Minum pilnya persis kayak orang kontrol kehamilan. Bedanya, durasinya yang ditentukan untuk minum nanti tergantung dari kemajuan proses penyembuhan jerawat dan siklus haidnya. Aku shock waktu itu. Aku inget kalo dokter Panti Rapih pernah cerita tentang terapi hormon yang wajib dalam pengawasan dokter karena perubahan hormon bisa memicu efek samping. Nah, aku tanya aja sekalian apakah bisa memicu efek kanker misal kanker rahim atau payudara. Dokter bilang sebenernya ga ada pengaruh ke penyakit itu, tapi kalo mau dicek sekalian bisa-bisa aja. Alhamdulillah aku steril waktu itu.

Trus pil KB nya diminum nggak? Bisa dicoret dari daftar KK kalo aku nekad minum. Waktu cerita ke orang rumah, ga ada yang mau anak perempuannya, belum menikah tapi terapi hormon pake pil KB. Apa kata tetangga julid nantinya. Kedua, mitos tentang bakal sulit mengandung jika mengkonsumsi pil KB semakin menghantui. Kalo menurut informasi, berhubung hormon androgen atau kelaki-lakian masih di taraf tinggi, sebaiknya aku menekan pake pil KB, sehingga hormon kewanitaan termasuk kesuburan juga meningkat. Mungkin bagi orang normal, pil KB digunakan untuk menekan kehamilan, kalo di aku katanya justru untuk memicu kestabilan hormon yang bisa mendukung kehamilan ke depan. Jyaaann ono-ono wae. Kemudian kuputuskan untuk no pil KB.


Belajar "Legowo"
Kondisi tubuh manusia itu beda-beda. Ngga bisa disamain satu dengan lainnya. Kalo memang Gusti ngasih kondisi tubuh kayak gini ya selain berusaha ngobatin secara alami, di samping itu harus disertai dengan bersyukur. Sekedar masalah fisik itu masih bisa diikhtiarkan, meskipun hasilnya mau kayak gimana, aku ga boleh berekspektasi terlalu tinggi. Ekspektasi terlalu tinggi hanya bisa bikin orang makin desperate karena terlalu fokus ke tujuan yaitu hal-hal yang belum dimiliki. Padahal kalo diri sendirinya bersyukur, bakal lebih banyak nikmat yang dikasih sama Gusti. Gusti itu Maha Baik ok. Ini baru teorinya aja sih. 

Jerawat ngga membatasi hidup buat bahagia dan dapet cowok ganteng ala ala Oppa Oppa Korea halah. Maksudku, jerawat itu bukan batasan yang bisa menghalangi untuk beraktivitas, bersosialisasi (seharusnya), membantu sesama. Lha kan buat bahagia syaratnya ga kudu bebas jerawat to ya. Lha yo hooh. Moso ya mau bantu orang ditanya dulu,"koe jerawatan ra e? Aku emoh ditulung nek jerawatan" (kamu jerawatan ga sih? Aku ga mau dibantu kalo jerawatan).

You Might Also Like

9 komentar

  1. Aku langsung buka stlah mba bon posting di Ig. Waktu baca rasanya “ya Alloh, kok aku merasakan hal yang sama”. Mungkin aku akan coba untuk periksa ke sarjito juga mbaa. Makasih loooh mbaa buat sharing nyaa~❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba semua ikhtiar shaay, selama itu baik dan ga menyalahi agama hihihi. Semoga kamu juga cepet sembuh ya

      Hapus
  2. hallo mba..aku baca cerita mba mirip banget sama aku, berawal dari berobat jerawat yang tak kunjung sembuh ke berbagai dokter tapi hasilnya hanya sembuh sesaat sampai aku berobat ke salah satu dokter kulit di daerahku. aku dirujuk untuk berobat ke dokter kandungan untuk cek PCOS. Dan akhirnya aku ke dokter kandungan dan disuruh cek dengan metode tranrectal, tapi sampe sekarang aku belom berani buat cek tranrectal itu :D
    Btw mba dulu dicek dengan metode transrectal itu kah ? Sakit kah ?
    terus perkembangan kondisi jerawatnya gimana mba setelah tahu kalo itu memang dari PCOS itu sendiri..
    Terim kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngeceknya cuma dari interview, habis itu dikasih resep pil KB. cuman, aku bilang ga berani minum pil KB kalo di tubuhku ada potensi kistanya karena dulu pernah denger mitos kayak gitu. Trus dicek sama dokter lewat USG biasa. Jadi, tujuan USG nya bukan buat ngecek sel telur tapi malah buat ngecek ada kista/ngga.
      Aku malah ga tau cek transrectal, kalo boleh saran coba nanya2 ke pasien infeksi saluran kemih. ato kalo ngga nanya ke dokternya langsung aja hehehe. (ga solutif ya)

      aku udah ga mikir jerawat banget-banget sekarang. tak bawa santai aja hehehehe. lama-lama juga ilang. kayak mantan mba, makin ga dipikir makin ngilang wkwkwk

      Hapus
  3. Hay kak boleh minta nomer hp atau wa untuk sharing masalah jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba silvi
      Monggo mba 0821-3484-4682 :)

      Hapus
  4. ceritanya hmpir sama sprti saya mba
    saya juga menderita jerawat dr mulai saya dibangku smp smpe skrg dah tamat sekolah 3 tahun. dlu sempet mikir klu jerawat saya itu dikarenakan suka ganti2 krim.prgi kedokter kulit sempet sembuh dan gak lama smbuh balik lagi jerawatan. dan setelah dipikir2 apa ada kaitannya sma haid yg gk teratur dan akhirnya saya kedokter kandungan dan stlh diusg saya menderita pcos dan terapi minum pil kb slma 4 bulan. saya ikuti teraminya dan alhamdulillah haid saya teratur dan jerawat perlahan membaik.

    BalasHapus
  5. Sy dr sma jerawat menikah dkenalin dr spkk trnama cma laki mau kta putih sd skrg sy fokus 1 pake prawatan harian sdh 15 tahun sd skrg nihil sembuh sbntar muncul lgi pp cek up biaya sdh tak trhingga sd habis2n.pya ank 2 sepasang ikut kb suntik bnyk efek samping jerawat hormon spt bisul merah kadang gatal stop smua kb&dokter lbh parah kr tdk pake apa2 cma obt totol jerawat acnoc.sy hrp sembuh bersih itu aj bgm atasinya jenis kulit brminyak??

    BalasHapus
  6. Banyak keuntungan bermain judi online dirumah bersama JANJIQQ Dengan menyediakan penawaran menarik dan keuntungan Bonusnya, beserta 9 Permainan 1 User ID hubungi +85570243722 daftarkan diri anda sekarang juga untuk meraih banyak peruntungan uang asli!!!

    BalasHapus

Like us on Facebook