Finally Perjerawatan Musnah

Januari 09, 2018

Welcome back to my channel, halah. Kayak vlog Youtube aja hahaha

Ada yang masih inget ga sama kisah lebay tapi memang realistis aku soal perawatan wajahku yang berjerawat ini? Rasanya kalo inget perjuangan nyembuhin jerawat oh meeen capek dan ngerasa kayak sayang aja gitu selama ini aku buang-buang duit buat perawatan yang ujung-ujungnya belum sembuh juga. Bagi yang mau flashback bisa banget klik di link ini dan ini.

Setelah sekian lama hanya berkutat di perjerawatan (njuk dikira kegiatan saya selama ini cuma buat nyembuhin jerawat hehe no no no saya juga beraktivitas kayak yang lain kok), aku memberanikan diri buat nyoba skincare yang banyak tersedia di drugstore. Berhubung kulit aku cenderung sangat berminyak, jerawat besar-besar, meradang, lebih sering ga bernanah jadinya susah sembuh, alternatif yang pertama dicoba adalah pake Acnes Sealing Gel untuk merawat titik-titik jerawat yang tergolong besar. 
Acnes Sealing Gel (sumber : Tokopedia.com)

Alhamdulillah pake Acnes gel warna hijau bisa ngebantu meredakan jerawat. Dibanding pake Mediklin yang mengandung clyndamicyn, Acnes gel ini lebih lembut. Ciri-cirinya gel bening tidak berwarna, tidak berbau, ringan. Pas dioles ke titik-titik yang berjerawat ngga menimbulkan kulit jadi kering, justru lebih lembab. Kalo pake Mediklin, sebenernya dia memang menyembuhkan jerawat tapi efek yang ditimbulkan bikin kulit sekitar jerawat jadi lebih kering. Karakter kulit aku kalo kondisinya kering akan makin gampang memicu minyak untuk keluar. Jadi kadang bisa sampe keriput-keriput di sekitar jerawat karena kering, tapi tetep ngeluarin minyak berlebih. 


Mediklin (Sumber : tokopedia.com)

Berhubung pake Acnes gel hijau udah terbukti menyembuhkan jerawat, selanjutnya aku mulai berani pake Acnes Spot Care warna kuning. Gel ini teksturnya sama persis dengan yang berwarna hijau. Gel ini berfungsi merawat kulit dengan bekas jerawat, flek, pori-pori yang besar akibat jerawat. Kalo aku, pertama pake gel hijau dulu di titik berjerawat, setelah meresap dan kering, kulanjutkan dengan gel kuning di kulit yang tidak berjerawat. Beberapa bulan pake kulit jadi lebih terawat. Jerawat ngga segalak dulu lagi tapi kendala berikutnya kulit aku masih merah-merah hasil radang jerawat yang terobati gel acnes.



Acnes Spot Care (Sumber : Tokopedia.com)

Penasaran dengan gimana caranya merawat kulit merah-merah, aku coba pake lotion dari acnes. Cara pakenya setelah mandi, aku pake lotion ini di seluruh wajah. Pakenya cukup 2 kali setelah mandi pagi dan sore. Setelah kering dan meresap, baru kemudian acnes gel diaplikasikan seperti biasa. Dengan lotion dari acnes ini sebenernya pertama diaplikasikan dia bikin adem kulit karena ada mentholnya. Tapi sekian lama pake justru kulit aku cenderung kering, komedo warna putih kecil-kecil makin mengelupas sehingga terkesan kulit jadi kasar. Padahal kasarnya kulit ini karena komedo yang kering dan mengelupas, bukan karena permukaan kulit yang kasar. Berhubung aku ga puas, aku coba-coba lagi buat nyoba skincare yang lain.
Acnes Powder Lotion (Sumber : Tokopedia.com)

Setelah hunting skincare yang bisa merawat kulit di blog orang, akhirnya pilihanku jatuh ke Olay day cream total effect SPF 15. Aku pilih Olay karena dia mengandung zat niacinamide nya. Apaan itu? Niacinamide ini tergolong vitamin B yang jika diaplikasikan ke kulit dapat membantu mengontrol kelebihan minyak di kelenjar minyaknya. Setelah dipikir-pikir lagi memang cara berpikir aku selama ini salah. Masalah kulit yang timbul itu harus dicari akar penyebabnya. Kalo aku cari solusi hanya untuk menyelesaikan akibat permasalahan dibanding sumber permasalahannya, mau berobat kapanpun dan berapa kali pun bakal sama aja hasilnya. Jadi, kuputuskan lah mencobanya. Tiga bulan nyoba Olay, kulit jadi jauh lebih terawat. Yang biasanya keling berminyak, sekarang udah jarang berminyak berlebihan. Akibatnya kalo kulit jarang berminyak, bakteri jerawat ga punya media buat berkembang di kulitku. Alhasil memang udah ga pernah numbuh jerawat besar-besar segede bisul di wajah. Kalo jerawat kecil sih iya, tapi mudah sembuh.



November 2016 (sumber : dokumen pribadi)
Agustus 2017 - pake foundation dikiiitt (sumber : dokumen pribadi)

Alhamdulillah Olay Day Cream sangat ngebantu buat menyelesaikan akar permasalahannya secara holistic halah. Then tiga bulan kemudian, karena kupikir sebaiknya Niacinamide juga bisa merawat kulit pada malam hari, aku cari produk yang mengandung Niacinamide untuk perawatan malam hari dan tralala jatuh kepada Olay Night Cream Anti Ageing. Sebenernya foto Agustus 2017 itu masih tipu-tipu dikit karena dipakein foundation dikit. Kondisi kulit saat ini alhamdulillah ga pernah timbul jerawat besar dan bernanah. Jerawat kecil pun jarang banget kalo ga pas jam tidur bener-bener kacau, lembur kerjaan sampe malem di kantor sih ga pernah bikin kulit berjerawat lagi. Cumaaaann pori-pori yang gede kayak sumur ini ternyata masih mengganggu. Yang bikin ngeganggu karena dengan pori pori yang besar menghambat aplikasi make up. Make up kondangan jadi ngga rata. Tekstur kulit sekarang bergelombang dan berpori besar. Gelombang ini diakibatkan oleh bekas jerawat yang dulu dalem-dalem dan besar. Jadi memang butuh kesabaran, ketelatenan untuk merawatnya. Setahun rasanya masih kurang buat mengembalikan kulit kayak jaman puber dulu sebelum terinfeksi jerawat. 
Olay Night Cream

Olay Day Cream Total Effects

Sekarang aku paham kalo pola buat nyelesaiin masalah jerawat ini memang harus lebih mendalam, mencari akar permasalahannya dimana untuk menghemat waktu dalam pengobatan dan pemulihan. Nah, dengan pola penyelesaian masalah ini pada akhirnya justru bisa dipake buat hal apapun hehhee. Kalo ada masalah bertubi-tubi di hal yang sama, cari solusinya bukan buat masalah yang timbul di permukaan itu tapi lebih masuk lagi ke sumber permasalahan yang ketika konflik bisa menimbulkan masalah-masalah yang terlihat di permukaan hehehe. Analoginya jerawat yang timbul itu adalah justru efek dari masalah utama yang lain. Masalah utama harus diselesaikan dulu karena akan membantu masalah permukaan tidak timbul lagi.

Ibarat konflik masalah, kenapa sih ada perselisihan bahkan di dalam agama yang sama, beda cara ibadah dikit jadi masalah karena saling kekeuh kalo masing-masing itu bener, kemudian justru menimbulkan masalah beruntun lagi misal sensitif hidup bertetangga beda cara masak pas gotong royong jadi masalah, beda cara ngemong tamu jadi masalah dan nyinyir-nyinyir, beda sudut pandang mengelola keuangan yang sini riba yang sana engga trus malah jadi perang musuh-musuhan. Sumber permasalahannya adalah belum pahamnya umat kalo perbedaan dalam syariat beragama itu adalah hal yang wajar dan ada hadistnya. Ketika keduanya sama-sama benar dan ada dasarnya masing-masing dimana sama-sama dibenarkan, ada tuntunannya, ada pendekatan rujukannya sesuai sunnah ya tidak perlu diperselisihkan selama Tuhan yang dianutnya sama, tujuan beragama sama yaitu meraih ridho. Toh Tuhan ngga nagih ato ngetes cara beribadah kok tapi hasil dari pengamalan itu tercipta umat saling rukun apa ngga, ikhlas saling bantu tanpa pandang bulu, saling support buat istikomah. Selesai. Lhah malah sampe sini.

Kembali lagi ke penggunaan skincare, skincare yang telah saya pakai adalah yang menurut saya paling sesuai dengan kondisi kulit, kondisi budget, kondisi kesibukan aktivitas yang dimiliki, sensitivitas kulit terhadap alergi bahan tertentu. Tentu saja cara yang saya pakai ini bisa berdampak lain bagi kulit teman-teman. Saya sebagai manusia biasa dan bukan ahli, sangat menganjurkan teman-teman untuk menggunakan perawatan yang cocok bagi keadaan teman-teman yang unik dan spesifik, tidak asal tiru tapi benar-benar sangaaattt menyesuaikan kebutuhan tubuh teman-teman. Setiap orang punya permasalahan masing-masing, sehingga memungkinkan perbedaan cara untuk menanganinya. Do not judge, do not nyinyir and appreciate each other. 

Salam sayang, 

Bonita Peneduh Pogung

You Might Also Like

8 komentar

  1. Bons,,,ku juga pake acnes yg sealing jell.. Alhamdulillaah jerawat redaaa. Awalnya aku takut mau pake produk dg embel2 "acnes series", takut terulang kembali breakout bruntusan yg banyak bet di dahi. Eh kmrn iseng2 nyoba pake, total udh 2 mingguan. ALHAMDULILLAH, jerawat kempes. PR skrg adalah mempertahankan kebiasaan baik merawat muka dan mudarin bekas jerawat. Oh iya. Bruntusanku juga ilang, noda hitam agak merah bekas jerawat di masa lalu juga ilang. Aku pake cetaphil sama betadine sabun cair(aku pake pas muka berada kotor bgt). Selamat sekali lagi yaaa..jerawat bandelnya mulai sirna. Semoga semakin paripurna sehat yaaa.. AAMIIN..jd terinspirasi buat share cerita perjuangan melawan jerawat. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nituuuulll selamat ya atas punahnya spesies jerawat di wajahmu. Semoga ke depan makin paripurna selalu wajahnya. Yang penting wajah sehat, tubuh juga sehat selalu. :*

      Hapus
  2. Assalamualaikum.teman lama, bbrp aku bc post nya, kmrin tertarik sm yg bahas PCOs .tp mungkin titik beratnya ad d jerawat yah,jd g smp ngikutin saran pake pil KB.
    Cm pgn share aj,Krn gemes jg jerawatan.dlu aku sempat jg jerawat banyak,stress jg.semakin usaha pake ini itu g jg berhasil. Akhirnya mmg kuncinya mst sabar+ tenang.dlu aku pke serum probiotik C.trus klo berasa ad jerawat baru mw timbul lsg kasih mediklin yg oranye. Alhamdulillah ngaruh bgt pd diriku.itu aj sih ✌️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Nurul. Apa kabar??

      Kebetulan untuk PCoSnya titik beratnya ke jerawat. Kalopun jerawat udah sembuh, ga perlu sampe tindakan lebih jauh lagi. Semoga sih ga kenapa kenapa aamiin.
      Bener banget kalo faktor psikis itu ngaruh banget ke kondisi fisik Kita. Memang alangkah lebih baik kalo kita ngasih respon positif terus buat tubuh kita untuk segala macam penyembuhan ya, ga cuma jerawat aja hihihi.
      Anw selamat ya semoga ga pernah jerawatan yang gede2

      Hapus
  3. Kabar baik bon, makasih y 😊 Alhamdulillah ,wlpn jerawat masih muncul tp klo pas mw bulanan aj.hehe smoga jerawat nya g balik lg yak,dan kulitnya lebih sehat 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh gapapa. Itu masih normal dear. Bukan masalah besar :)

      Hapus
  4. Assalamualaikum tertarik bgt baca2 blognya mba, aku jg pcos jrwatan gag sembuh2, sama gede2 juga sampe boepeng2,udah nyoba semua skincare mulai dr yg murah sm yg mahal tp belum sembuh juga, belum mau jg kalo pake pil kb, sedih smpe skrng masih jrwatan tp keep positif thinking aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mba sholihahkuuu

      Apa kabar kamu mba? Hihihi
      Banyak bersyukur mba. Katanya jerawat yg cenderung ke penyakit salah satunya untuk menggugurkan dosa kita :)
      Yang penting masih dikasih kesehatan busy ibadah ya mbakku :*

      Hapus

Like us on Facebook