Pesan Bang Is Payung Teduh

Februari 09, 2018

Sore itu saya asik scrolling feed Instagram nonton-nonton postingan akun-akun yang saya follow. Biasaaaa anak ABG pulang kerja nunggu rebusan air anget buat mandi. Mata saya tertuju pada postingan Muhammad Istiqamah Jamad.

Ngga tau ya dia siapa? Hehe. Saya juga tadinya ga tau dia siapa. Sekitar akhir tahun 2016 saya mengawali karir sebagai fans kelas kerupuk bawang sebuah band alternatif bernama Payung Teduh. Genre musik yang dibawa cenderung jenis folk yang mendawai-dawai, enak banget dipake buat tidur. Berhubung saya bukan anak mesjid, lagu-lagu Payung Teduh justru lebih gampang bikin hati ayem dibanding murottal Quran. So sad. Astaghfirullah.

Payung Teduh sama kayak band-band alternatif yang kalo bikin karya pasti dalem banget maknanya. Contoh aja lagu yang berjudul Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan waktu itu lagi nge-hitz banget di jamannya di kalangan anak-anak anti-Inbox dan anti-Dahsyat. Pertama kali saya denger lagu ini, saya pikir lagu ini dibikin murni oleh laki-laki buat ngegombalin kekasih wanitanya. Soalnya, dari judulnya aja dia bawa-bawa gender perempuan, yang nyanyi laki-laki, si Bang Is itu. Waktu itu cetek banget pemikiran saya bener-bener kayak anak ABG nunggu air anget buat mandi.

Setelah cari-cari, akhirnya saya nemu uniknya lagu-lagu yang dibikin band ini. Dimulai dari lagu di atas, ternyata subyek yang dituju bukan kekasih wanita tapi anak perempuan. Asal mula lagu ini tercipta saat sepertiga malam terakhir yang ditunjukan dari lirik

'di ujung malam menuju pagi yang dingin'.

Bagi orang Muslim, sepertiga malam akhir adalah waktu malam yang bersinggungan dengan awal adzan salat subuh. Waktu yang tepat banget buat bermunajat di tengah salat tahajud. Lagu ini ditujukan buat anak perempuannya yang sedang tidur dalam pelukan ibunya kala itu. Malem itu lagi ga banyak bintang, tapi dianalogikan kalo pancaran cahaya polos wajah anak perempuannya jauh indah melebihi pancaran cahaya bintang-bintang malam itu.

Lagu ini timbul di saat Is sedang gelisah-gelisahnya menjadi ayah dari anak perempuannya ini. Di saat karir masih dirintis, ia takut ngga bisa membahagiakan anaknya dari segi finansial.

'Sedikit cemas banyak rindunya.'

Cemas waktu harus berjauhan dari keluarga buat manggung, cemas waktu masih merintis karir tapi takut hasilnya ga cukup buat menghidupi keluarga, mana rumah masih ngontrak. Di tengah-tengah kegelisahan, Mba Agnes, sang istri menenangkan. Biarpun secara finansial, keluarga itu ngga semapan keluarga yang lain, sekedar bisa kumpul bareng, becanda, makan siomay bareng pun udah cukup bisa bikin bahagia, hati adem ayem, banyak hal yang bisa disyukuri ketimbang hanya mikir besok apa masih bisa makan. Bukankah Allah akan menambah nikmat bagi siapa yang mensyukuri nikmat yang sudah diberi saat ini? Sungguh berkah hidupmu Bang punya istri sesholehah Mba Agnes. Gimana Bang Is ga rindu pulang kalo punya istri begitu. Eeaa

ABG yang sedang ngrebus air anget untuk mandi iseng komen di salah satu postingan Bang Is with no expectation. Bang Is say hi via DM Instagram. Who? Pusakata? Istiqamah Djamad? Vokalis Payung Teduh? Hooh jeeeeee

Hari Jumat Bang Is DM and called me Jogja.

Harap maklum baca respon fans yang baru seumur jagung ini. Tanpa pikir panjang pun saya meminta untuk bisa menemui Payung Teduh usai manggung. Bang Is ngga pernah menjanjikan. Then I don't expect anything. Tapi, di hari H Bang Is kembali menyapa. I don't expect anything but Bang Is memang baik hati ngebolehin saya ketemu beliau. Di balik itu ada pesan yang tak langsung is bagikan kepada saya.





Apaan sih Bon posting begituan? Hhmm kayaknya ga perlu dishare juga deh. Sensitip. Hehehe

Kapan lagi diingetin solat sama musisi idola 😂. Saya emang orangnya gampang baper kalo diingetin buat solat. Hihihi. Soal mengingatkan, menasehati sesama dan perkara hati teman yang dibuka atau tidak itu tergantung dari panggilan jiwa masing-masing bahkan mungkin hati saya. Mau itu bentuknya panggilan atau kesadaran untuk solat, belajar, bekerja, ikhlas, syukur, sabar, apapun. Saya baru sadar keberadaan orang-orang tertentu yang menasehati saya meski akhirnya tetap tidak saya kerjakan lebih dikarenakan bahwa saya belum dapat panggilan hati. Kapan hati saya dipanggil? Yakni ketika memang dikasih petunjuk.

Di kitab muslim telah tertulis

Barangsiapa yang Allah kehendaki untuk Allah berikan petunjuk kepadanya, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (menerima agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki kelangit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman” (QS al-An’aam: 125).

Sederhananya, kalo saya lagi males banget buat ibadah apapun itu berarti memang hati saya dikehendaki untuk ditutup. Serem? Kadang mikir serem. Tapi apa boleh buat kalo memang itu yang dikehendaki-Nya. Kalopun saya ngga ada panggilan jiwa buat nyari petunjuk yang lurus, Dia juga ga bakal ngasih lha wong saya ga minta. Meskipun orang-orang dateng buat nasehatin ya sekedar tugasnya nasehatin, no more. Karena yang membolak-balikan hati itu mutlak Allah yang pegang, bukan manusia yang cuma seupil ini.

Saya jadi keinget gimana saya dan keluarga berusaha keras ngingetin Bapak saya dulu untuk solat, jadi imam yang baik dan bertanggungjawab. Saking kerasnya sampe saya sempet depresi haha. Yang bikin depresi adalah harapan saya terhadap manusia untuk berubah seperti yang saya mau itu terlalu besar. Keselnya saya baru paham makna ayat di atas itu sekarang. Haha. Kalo diinget-inget, saya ga seharusnya sampe depresi toh Allah udah atur semua. Seharusnya tugas saya cukup mengingatkan, berbakti segimanapun Bapak saya karena kewajiban saya cuman itu. Allah yang pegang hati. Kalo sengaja disesatkan ya sudah. Bukan berarti nyerah tapi emang itu udah mutlak Allah yang bilang. Sisanya tetap berbuat baik ke orang yang didoakan dan diingatkan lalu ikhlas menerima.

Sekarang urusannya bukan lagi apakah sudah mengingatkan atau belum. Tapi, ngecek hati saya sendiri apakah selama ini udah minta petunjuk/belum karena hakikatnya manusia manapun itu sedang tersesat. Kalo ga tersesat, tiap solat ga akan pernah baca ayat Al Fatihah 'ihdinas shshirootol mustaqim' yang artinya “Berikanlah kepada kami hidayah ke jalan yang lurus”. Sampai nyawa ini dicabut pun saya ngga tahu apakah saya benar-benar sudah di jalan yang lurus.

Bang Is saya pikir sama kayak kebanyakan vokalis band-band yang terkenal. Saat itu lagu Akad belum release dan lagu-lagu Payung Teduh belum dicover di mana-mana, tapi jadwal manggung selalu penuh tiap minggunya.
"Kamu rumahnya dimana?"
"Saya di Jogja aja Bang. Mba Agnes ga diajak Bang?"
"Wah ngga. Oh iya, saya sekeluarga udah pindah ke Makassar. Udah ga di Jakarta lagi. Macet sekali di Jakarta. Kalo tiap habis manggung berhari-hari gini saya pulang ke Makassar, yang lain pulang ke Jakarta. Di Makasar masih banyak sawahnya," ujarnya.
Ternyata dia dan keluarga butuh tempat nyaman dan tenang.

Ternyata band ini ngga neko-neko seperti band-band yang saya kira. Ternyata di lain kesempatan manggung, beliau masih nyempetin manggung untuk acara sosial. Yep di suatu interview memang Payung Teduh sampaikan jenuh berkarya dan dibayar EO hanya untuk acara senang-senang saja tanpa ada aksi sosialnya. Ngga semua kepuasan berkarya dinilai dari jumlah materi yang didapati tapi pengaruh sosialnya juga. Kemudian situasi makin bikin jenuh, mereka memutuskan untuk vakum tanpa waktu yang ditentukan. Bayangin kalo ga vakum, kamu kamu kamu bakal masih keranjingan lagu Akad dan bikin mereka manggung kayak robot, kasian hehe. Semoga pertemuan dengan Bang Is bisa saya ambil hikmahnya. Semoga saya dijodohkan dengan Bang Is eh salah yang akhlaknya kayak Bang Is eeaa.



7 Februari 2018
Dalam perjalanan Jogja-Blora

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook